Followers

Home » » Expedisi Merah Pemuda Pattae'

Expedisi Merah Pemuda Pattae'

Gambar ini adalah penelusuran team ekspedisi merah pumudah pattae kedua dari yang sebelumnya kami laksanakan di salah satu daerah di polewali mandar kecamatan tapango kabupaten polewali-mandar, tepatnya tidak jauh dari kampung kami "patte" (desa batetangnga
kecamatan binuang kabupaten polewali mandar). dalam rangkan mencari sejarah asal muasal daerah dan suku pattae itu sendiri. penelulusuran pertama kawan-kawan pembaca blog ini bisa dilihat di postingan sebelumnya klik disini


tempat duduk terbuat dari batu yang dipahat si pajo langi.. raja/tomakaka pattae'

berphoto bersama diatas tempat duduk Sipajo Langi

sehabis pulang dari penelusuran
Penelusuran kedua team expedisi merah yang berlokasi di penanian seblah timur kampung biru desa batetangnga sekitar 300 meter ke bukit. ada 4 situs sejarah yang ingin kami kunjungi yaitu pertama: benteng tempat persembunyian rakyat sipajolangi',kedua: liang, (tempat dikuburnya masyarakat yang sudah meninggal dunia), ketiga: air terjun tempat sipajolangi' dimandikan oleh kakeknya, dan keempat: batu yang sengaja dipahat untuk tempat duduk sipajolangi'. tetapi, hanya 2 yang bisa kami kunjungi, yaitu: Temapat duduk tomakaka sipajo langi' dan air terjun tempat dimandikannya sipajolangi yang sekitar 200 meter dari kursi batu sipajolangi'. 
team expedisi merah

team expedisi merah

di lokasi air terjun si pajo langi'

perjalanan pulang dari air terjun si pajo langi'

kursi yang terbuat dari batu sebelum sipajolangi" dilahirkan

kursi batu sipajolangi'

sebelum berangkat pulang dari penjalajahan

air terjun sipajolangi'

berpoles bersama di air terjun sipajolangi'

pulang deh...! team expedisi merah

itulah dokumentasi yang sempat kami perlihatkan kepada khalayak ramai mudah2an bermanfaat sebagi sumber informasi tentang sejarah kebudayaan masyarakat tempo doloe, dan tujuan menyebar dokumentasi ini adalah agar adanya pengakuan resmi dari pemerintahan sekarang bahwa suku pattae itu ada dan layak dijadikan sebagai salah satu suku/manusia pribumi tanah mandar.

sebelumnya kami mohon maaf jika dalam dokumentasi ini ada pihak yang tidak berkenan.., kita bisa sharing tentang itu dan hubungi langsung kepihak team expedisi merah pemuda pattae'. 

TTD 


TEAM EXPEDISI MERAH

belajar selagi muda, berjuang selagi bisah

0 tinggalkan komentar: